Indahnya Pemakaman Perang Belanda Ini!

Processed with VSCOcam with p5 preset
Foto: Indri

SEMARANG (1/3) – Apa yang terlintas dipikiran Masyarakat ketika mendengar kata ‘pemakaman’? Mungkin terbersit dibenak bahwa tempat tersebut merupakan tempat yang menyeramkan dan angker. Namun
ternyata tidak semua pemakaman terlihat mengerikan dan terkesan angker. Ketika kita melihat pemakaman yang satu ini, kita mungkin tidak akan merasa ngeri atau terkesan angker. JIka Masyarakat berkunjung ke Kecamatan Semarang Barat, Masyarakat bisa menemukan kompleks taman pemakaman yang unik ini, bernama, Komplek Taman Pemakaman Ereveld Kalibanteng.

WP_20141124_003
Foto: Albert Ghana

Taman Pemakan Ereveld Kalibanteng merupakan pemakaman Perang Belanda yang terlihat rapih dan indah selayaknya sebuah taman. Pemakaman Ereveld Kalibanteng berlokasi di Jalan Siliwangi dan pemakaman ini berdiri sejak April 1949 sebagai bentuk penghormatan terhadap warga sipil dan pasukan perang Belanda yang berada di Indonesia pada saat itu. Di taman pemakaman ini terkubur ribuan jasad tentara KNIL yang gugur ketika masa Perang Dunia II terjadi. Selain itu, juga dimakamkan pula wanita, anak-anak dan warga sipil yang menjadi korban ketika pendudukan Jepang berlangsung di Indonesia.

WP_20141124_015
Patung Pekerja Anak pada masa pendudukan Jepang. Foto: Albert Ghana

 

Ereveld sendiri berarti ‘Taman Kehormatan ‘dalam Bahasa Indonesia. Pemakaman Ereveld diprakarsai oleh Yayasan Oorlogsgravenstichting (Yayasan Kuburan Perang). Sebenarnya terdapat dua Komplek Taman Pemakaman Ereveld di Semarang, selain yang berlokasi di Kalibanteng, Pemakaman Ereveld lainnya berada di daerah Candi, Semarang.

WP_20141124_044
Foto: Albert Ghana

Kompleks pemakaman ini memiliki bentuk seperti segitiga, terdapat patung-patung yang menghiasi di dalam kompleks pemakaman dan taman pemakaman ini dikelilingi oleh kanal kecil dan dipenuhi pepohonan hijau yang terlihat begitu indah, damai dan nyaman.

WP_20141124_019
Foto: Albert Ghana

Jika Masyarakat beruntung, Masyarakat bisa menikmati keindahan dan keteduhan taman pemakaman ini, namun sayangnya tidak semua orang bisa dengan mudah memasuki taman pemakaman ini karena harus mengajukan izin terlebih dahulu ke Yayasan Oorlogsgravenstichting yang berada di Jakarta. (Indri)

Berita Terkait Lainnya:

Menyaksikan ‘Atraksi’ Ikan Terbang di Marina

Menelusuri Tiap Jengkal Museum Ronggowarsito

Bernostalgia Kelezatan Sempolan, Jajanan Masa Kecil

Pantai Marina Banjir Pengunjung di Awal Tahun

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s