Perdebatan Proses Penghitungan Suara TPS 02 Salaman Mloyo, Jadikan Evaluasi Panwaslu

foto: Naomi
foto: Naomi

SEMARANG (9/12) – Proses penghitungan suara TPS 02 Salaman Mloyo, sempat mengalami kendala, Rabu (9/12). Perdebatan terjadi antara Panitia Pengambilan Suara (PPS), saksi dan Panitia Pengawasan Lapangan (PPL). Ketika akan dilakukannya proses penghitungan suara, ada
perbedaaan nomor kotak yang ada di dalam kotak suara dengan jumlah kedatangan. “Karena kami untuk menghitung suara akan mencocokkan dengan pihak yang datang ternyata ya memang ada salah satu DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang lupa dikasih nomor urut, nomor urut kedatangan. Sebenarnya kan akhirnya klop. Jadi nomor kotak yang ada di dalam kotak suara dengan jumlah kedatangan itu beda. Bedanya itu, ini ngga dikasih nomor aja,” terang Suwardi, Ketua TPS 02 Salaman Mloyo.

Meskipun perbedaan nomor kotak suara dengan jumlah kedatangan itu membingungkan PPS,  hal itu dapat diselesai dengan baik. Namun, kendala proses penghitungan suara tidak selesai disitu saja. Perdebatan terjadi lagi antara PPS, saksi, dan PPL yang kala itu memperdebatkan surat suara yang cukup banyak tidak sah yaitu berjumlah 31 karena ukuran lubang yang diduga tidak menggunakan alat yang disediakan panitia yaitu paku.

“Dari KPU sendiri itu kelihatannya pun juga sama, saksi pun sama bingungnya. Sebenarnya coblosan itu saya anggap, selama di dalam coblosan lubang itu sebenarnya sah bila ditekankan dengan menggunakan alat yang sudah disediakan terpakai atau terpasang panitia. Kalo paku kan kecil, kalo ditusuk gini kan bekasnya ada. Tapi seandainya ini dicoblos menggunakan pulpen kan lubangnya besar. Itu untuk diamandemenkan atau ditekankan kepada kami itu suara tidak sah.” jelasnya

Selain penyebab ukuran lubang coblosan yang tidak sesuai, beberapa surat suara yang dianggap tidak sah karena ketiga kotak pasangan calon walikota tercoblos semua. Beberapa masalah yang muncul membuat proses penghitungan suara berjalan lebih lama. Penghitungan suara yang dimulai pukul 13.00 baru selesai pukul 15.00. Suwardi menambahkan bila kejadian seperti ini dijadikan evaluasi kedepan bagi Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) dan koordinator lapangan. (Naomi)

Berita Terkait Lainnya:

TPS 02 Salaman Mloyo: Proses Pencoblosan Alami Sedikit Kendala

Pilkada Semarang 2015 : Sekolah ini jadi TPS Sehari!

Pilkada Semarang 2015 : Hendi – Ita unggul di TPS 2 Salaman Mloyo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s